HUBUNGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN

  • Merry Listiantin Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media video animasi terhadap menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode yang digunakan
yakni metode deskriptif korelasional. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 yang berjumlah 27 dari 30 siswa. Hasil analisis data dalam penggunaan media
video animasi di kelas IX sebagai variabel X termasuk pada kategori cukup (60-69) dengan nilai rata-rata 63,18. Dan dalam menulis cerpen kelas IX sebagai variabel Y termasuk pada
kategori baik (70-79) dengan nilai rata-rata 74,70. Ketercapaian tersebut menunjukkan kategori yang cukup. interpretasi koefisien nilai r antara 0,400-0,600 adalah interpretasi cukup. Perhitungan tersebut menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang positif, dapat disimpulkan bahwa kedua variabel X dan Y mempunyai hubungan yang cukup. Untuk menentukan koefisien korelasi hasil perhitungan signifikan atau tidak, r hitung dibandingkan dengan r tabel dengan taraf kepercayaan 95% (taraf kesalahan 5%). Dengan N= 27, maka r tabel 0,4705 dan r hitung 0,507. Dengan demikian, bila dibandingkan r hitung dengan r tabel maka r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel. Hal ini terbukti ada signifikan antara penggunaan media video animasi (variabel X) dan siswa menulis cerpen (variabel Y) pada kelas IX SMP Negeri 1 Indralaya Selatan.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Guru Bahasa Indonesia di MTs al-Ittifaqiah Kab. Ogan Ilir

Diterbitkan
2018-11-01
Bagian
Articles