PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN

  • Yeyen Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Novi Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Triska Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
Keywords: model circuit learning, menulis cerpen

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bahwa model circuit learning dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA,1 dan X IPA.2 SMA N 1 Pedamaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa thit (18,238) > ttab (1,994) dengan derajat kebebasan 70 (df 70) pada taraf signifikan probability di bawah 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model circuit learning dapat berpengaruh dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.

Author Biographies

Yeyen, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Novi, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Triska, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Published
2018-11-01
How to Cite
Yeyen Yusniar, Novi Santi, & Triska Purnamalia. (2018). PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN. Dialektologi, 3(2), 169 - 182. Retrieved from http://ejournal.uniski.ac.id/index.php/Dialektologi/article/view/119
Section
Articles