PENGARUH MODEL REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE DAN SUMMARY (ROPES) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL

  • Yeyen Yusniar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Tuti Alawiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Elda Lestari Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model (ROPES) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi fabel. Metode yang digunakan eksperimen semu. Data dihitung dengan menggunakan SPSS 22. Hasil yang didapat ada perbedaan kemampuan menceritakan kembali isi fabel antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rerata tes awal kelas eksperimen 61,83 dan tes akhir 77,83. Sebaliknya, kelas kontrol 58,67 dan tes akhir 63,50. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yakni 77,83>63,50. Pertama menunjukan thitung (6,777) lebih tinggi dari ttable (1,761) dengan derajat keabsahan 58 (df 58) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Jadi, dinyatakan bahwa ada pengaruh model Ropes terhadap kemampuan menceritakan kembali isi fabel.

Author Biographies

Yeyen Yusniar, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Dosen

Tuti Alawiyah, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Dosen

Elda Lestari, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Students

Published
2022-04-18
How to Cite
Yeyen Yusniar, Tuti Alawiyah, & Elda Lestari. (2022). PENGARUH MODEL REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE DAN SUMMARY (ROPES) DALAM MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL. Dialektologi, 7(01), 37-44. Retrieved from http://ejournal.uniski.ac.id/index.php/Dialektologi/article/view/368
Section
Articles