PENGARUH TEKNIK AFFINITY GROUPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

  • Linda SD N SERIGENI BARU Kabupaten OKI
Keywords: affinity grouping, naskah drama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Affinity Grouping terhadap kemampuan memahami teks naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Jumlah populasi seluruh siswa kelas VIIIĀ  berjumlah 252. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, dengan rincian 33 orang siswa kelas VIII.2 (kelas eksperimen) dengan menggunakan teknik affinity grouping dan 33 orang siswa kelas VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan teknikĀ  konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terhadap tingkat kemampuan siswa, kenaikan rata-rata skor siswa kelas eksperimen yakni sebesar 76,67 dan kenaikan rata-rata kelas kontrol sebesar 16,06. Rata-rata skor nilai awal kelas eksperimen 59,39 dan rata-rata skor nilai awal kelas kontrol adalah 52,88.

Author Biography

Linda, SD N SERIGENI BARU Kabupaten OKI

Guru

Published
2018-04-02
How to Cite
Linda. (2018). PENGARUH TEKNIK AFFINITY GROUPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP N 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Dialektologi, 3(1), 13-30. Retrieved from http://ejournal.uniski.ac.id/index.php/Dialektologi/article/view/69
Section
Articles