PENERAPAN STRATEGI PIKIR PLUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG

  • Novi Santi Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Anggri Kustiara Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
Keywords: strategi pikir plus, menulis pantun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui strategi pikir plus pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan Mc Taggart. Konsep PTK Kemmis dan Mc Taggart (Hopkins, 2008:88) ialah bahwa dalam satu siklus terdiri dari 4 langkah yaitu penyusunan rencana (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VII.3 tahun ajaran 2017/2018, yaitu yang berjumlah 36 orang siswa yang terdapat dari 14 orang siswa laki-laki dan 22 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen tes, observasi dan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil tes awal dan hasil tes akhir. Tes awal dan tes akhir dilakukan sebelum dan sesudah siswa diberi tindakan yang berupa tes uraian dalam memahami pembelajaran menulis pantun dengan menerapkan strategi pikir plus.

Author Biographies

Novi Santi , Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Anggri Kustiara, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Published
2018-04-02
How to Cite
Novi Santi, & Anggri Kustiara. (2018). PENERAPAN STRATEGI PIKIR PLUS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG. Dialektologi, 3(1), 31-42. Retrieved from http://ejournal.uniski.ac.id/index.php/Dialektologi/article/view/70
Section
Articles