PENGARUH MODEL WRITING WORKSHOP DALAM MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII

  • Yeyen Yusniar Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Tuti Alawiyah Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung
  • Windi Krisdayanti Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh model (Writing Workshop) dalam menulis teks persuasi. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kayuagung Kabupaten Ogan Komring Ilir Tahun Ajaran 2023. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah unjuk kerja berupa tes menulis teks persuasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan menulis teks persuasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kegiatan pretest kemampuan menulis teks persuasi kelompok eksperimen adalah 56,25 dan kegiatan postest adalah 80,55. Nilai rata-rata kegiatan pretest kelompok kontrol adalah 55,70 dan kegiatan postest adalah 64,87. Hasil analisis data menujukan rata- rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, yakni 80,55>64,87. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (9,361) lebih besar dari ttabel (1,673) dengan derajat keabsahan 56 (df 56) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis teks persuasi siswa yang diajar menggunakan model writing workshop dengan siswa yang diajar menggunakan model saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yeyen Yusniar, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Dosen

Tuti Alawiyah, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Dosen

Windi Krisdayanti, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Mahasiswa

Published
2024-04-18
How to Cite
Yeyen Yusniar, Tuti Alawiyah, & Windi Krisdayanti. (2024). PENGARUH MODEL WRITING WORKSHOP DALAM MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII. Jurnal Dialektologi, 9(1), 23-34. https://doi.org/10.52237/jurnal dialektologi.v9i1.810