PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DRAMA KELAS XI-5 SMAN 2 PURWOKERTO

  • Nur Khabibah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Siti Fathonah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Setyanto Hery Purmandoko SMA N 2 Purwokerto

Abstract

Kemampuan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto masih rendah. Hal ini
disebabkan karena kegiatan menulis merupakan suatu hal yang sulit dilakukan oleh peserta
didik di kelas tersebut. Mereka masih kesulitan menulis drama yang sesuai dengan struktur,
unsur pembangun, dan kaidah kepenulisan yang tepat. Maka dari itu, tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan
menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan
keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Penelitian ini
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Subjek penelitian yaitu peserta
didik kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Objek penelitian yaitu hasil belajar keterampilan
menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2 Purwokerto. Hasil prasiklus, rata-rata kelas yaitu
67,9 dengan presentase ketuntasan 25%. Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 82 yaitu
sebesar 14,1% dengan presentase ketuntasan 77,77%. Hasil siklus II rata-rata kelas juga
meningkat menjadi 88,16 yaitu sebesar 6,16% dengan presentase ketuntasan 100%.
Berdasarkan hasil tersebut, keterampilan menulis drama kelas XI-5 SMA Negeri 2
Purwokerto dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan
model pembelajaran problem based learning

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Khabibah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen

Siti Fathonah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen

Setyanto Hery Purmandoko, SMA N 2 Purwokerto

Guru

Published
2024-04-18
How to Cite
Nur Khabibah, Siti Fathonah, & Setyanto Hery Purmandoko. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DRAMA KELAS XI-5 SMAN 2 PURWOKERTO. Jurnal Dialektologi, 9(1), 55-68. https://doi.org/10.52237/jurnal dialektologi.v9i1.815