PENGARUH MEDIA APLIKASI CANVA DALAM MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media aplikasi Canva
dalam menulis teks persuasi pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Raja. Penelitian
ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitafi.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII dengan menggunakan sampel
sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII.6 dan kelas VIII.7. Teknik pengumpulan data yaitu
teknis tes menulis persuasi. Data diolah dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil
penelitian menunjukkan perbedaan hasil tes menulis teks persuasi kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen 80,13 dan tes
akhir 82,44. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 65,65 dan tes akhir 73,85. Hasil analisis
data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen > dari kelas kontrol, yakni 82,44
>73,85. Berdasarkan hipotesis pertama menunjukkan thitung (7,244) tinggi dari ttabel (1,675)
dengan keabsahan 52 pada taraf signifikasi probability dibawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini
bearti H0 ditolak, dan Ha diterima. Ada perbedaan menulis teks persuasi siswa menggunakan
media aplikasi Canva dengan siswa mengguanakan media pembelajaran visual.