ANALISIS POTENSI PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME DI KOTA KAYUAGUNG
Abstract
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana potensi pajak reklame dalam meningkatkan penerimaan pajak reklame di Kota Kayuagung, dan apa upaya Pemerintah Kota Kayuagung untuk meningkatkan potensi pajak reklame dalam Masyarakat Kota Kayuagung. Maka jenis penelitian adalah yuridis empiris yaitu merupakan penelitian hukum yang menggunakan sumber hukum sekunder atau bahan pustaka. Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Data yang digunakan meliputi data primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan datanya adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, alat pengumpulan datanya adalah penelitian kepustakaan dan pedoman wawancara, dan analisis data dalam
penulisan makalah ini adalah analisis kualitatif. Penelitian ini tentang potensi pajak reklame dalam meningkatkan penerimaan pajak reklame di Kota Kayuagung. Sesuai kajian masalah dalam penelitian ini penulis menyimpulkan, potensi adalah suatu kemampuan dasar yang dimiliki oleh manusia yang kemungkinan besar dapat dimanfaatkan oleh pembangunan, dan pada hakikatnya adalah potensi suatu kemampuan yang dapat dikembangkan ke arah yang lebih baik. Menurut ketentuan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Peraturan Umum dan Tata Cara Perpajakan, pengertiannya adalah sumbangan wajib yang dimiliki oleh orang pribadi atau badan kepada negara menurut undangundang, tanpa imbalan secara langsung, dan digunakan untuk keperluan negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.