PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE CARD SORT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATAPELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 1 KANDIS

  • CITRA LIDIAWATI universitas islam ogan komering ilir kayuagung
Keywords: pembelajaran tipe card sort, keaktifan belajar siswa

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah adakah pengaruh strategi pembelajaran tipe card sort terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kandis. Sedangkan tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tipe card sort terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn Kelas VIII SMP Negeri 1 Kandis. Metode penelitian menggunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa (1) dokumentasi, (2) angket. Angket ini diberikan pada siswa untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran tipe card sort terhadap keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment. Adapun sampel penelitian berjumlah 57 orang. Dengan pengumpulan data dan analisis data maka penelitian mengambil kesimpulan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran tipe card sort terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII di SMP Negeri 1 Kandis, dimana harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,31 > 0,266) dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Author Biography

CITRA LIDIAWATI , universitas islam ogan komering ilir kayuagung

FKIP Pkn

Published
2016-11-07
Section
Articles