PENGARUH PENERAPAN METODE DILEMA MORAL (MORAL REASIONING) DAN SIKAP SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG

  • sri hidayati universitas islam ogan komering ilir kayuagung
Keywords: Metode Pembelajaran, Dilema Moral, Sikap, dan Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran (dilema moral dan konsiderasi ) terhadap hasil belajar PKn siswa, (2) Pengaruh sikap siswa terhadap mata pelajaran PKn (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar PKn siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran dan sikap siswa terhadap hasil belajar PKn siswa. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung yang berjumlah 234 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel berjumlah 68 orang yang terdiri dari 34 orang sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran dilema moral dan 34 orang sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konsiderasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner sikap belajar. Sedangkan untuk teknik analisa data menggunakan teknik Analisis Varians (ANAVA) dua jalur pada taraf signifikan α = 0.05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar PKn siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran dilema moral lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran konsiderasi dengan Fhitung = 7.72 > Ftabel = 4.02 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar PKn siswa yang memiliki sikap tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki sikap rendah dengan Fhitung = 5.50 > Ftabel = 4.02 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan sikap dalam memengaruhi hasil belajar PKn, dengan Fhitung = 5.80 > Ftabel = 4.02 pada taraf signifikan α = 0,05.

Author Biography

sri hidayati, universitas islam ogan komering ilir kayuagung

FKIP Pkn

Published
2016-11-07
Section
Articles