HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN BERTANYA GURU DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 2 KAYUAGUNG

  • ida romiayati universitas islam ogan komering ilir kayuagung
Keywords: Keterampilan bertanya, keaktifan belajar

Abstract

Penelitian ini mempertanyakan adakah hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan keaktifan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PKn di SMK Negeri 2 Kayuagung. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan keaktifan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PKn di SMK Negeri 2 Kayuagung. Adapun metode penelitian ini yaitu Kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah 278 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik proposional random sampling diambil sampel secara acak 20 % yaitu 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) pengumpulan data melalui angket, (2) dokumentasi, dari pengolahan data dan analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus korelasi product moment. Dari pengolahan data dimana harga r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 0,456 > 0,254, dengan taraf signifikan 5% hal ini menunjukan bahwa ada hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan keaktifan belajar siswa kleas XI pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Kayuagung. Yang mana apabila r hitung > dari r tabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dari itu peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa adanya hubungan antara keterampilan bertanya guru dengan keaktifan belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Negeri 2 Kayuagung

Published
2016-11-07
Section
Articles