PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 1 TANJUNG RAJA

  • rita yanti universitas islam ogan komering ilir kayuagung
Keywords: Strategi Pembelajaran Critical Incident, hasil belajar siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran critical incident (pengalaman penting) terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung Raja. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program manual perhitungan excel dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan excel diperoleh thitung sebesar 4,031 sedangkan ttabel yang didapat dari tabel distribusi t atau dengan taraf kesalahan 5% maka harga ttabel sebesar 1,701. Sehingga dapat dilihat bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa critical incident memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Published
2016-11-07
Section
Articles