PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG

  • Suparjon Ali Haq Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNISKI Kayuagung
Keywords: strategi pembelajaran quiz team, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMA Negeri 1 Kayuagung. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dengan sample kelas XI MIA1 dan XI MIA2. Data dikumpulkan dengan teknik tertulis dalam bentuk pilihan ganda. Data yang telah dikumpulkan diukur normalitas dan homgenitasnya sebelum dilakukan uji-t. Data dianalisis dengan menggunkan uji-t dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa siswa yang belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran quiz team hasilnya lebih baik (nilai rata-rata 88,27) dibandingkan dengan nilai siswa yang tidak diterapkan strategi pembelajaran quiz team (nilai rata-rata 58,42).

Author Biography

Suparjon Ali Haq, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP UNISKI Kayuagung

Dosen

Published
2020-04-08