KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG

Authors

  • Yeyen Yusniar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Triska Purnamalia Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Martha Sari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

membaca pemahaman, menulis, cerpen

Abstract

Pembelajaran  menulis teks yang dipelajari di SMP Negeri 3 Kayuagung didasarkan pada  kurikulum  merdeka. Salah satu  teks yang dipelajari dalam kurikulum merdeka tersebut ialah teks cerpen. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi keterampilan membaca pemahaman cerpen  terhadap keterampilan menulis teks cerpen dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan penyebab atau  kendala mengapa siswa sulit dalam menulis teks cerpen sehingga siswa dapat meningkatkan  keterampilan  dalam  menulis teks cerpen.  Jenis penelitian ini adalah penelitian  kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode  deskriptif dengan rancangan (desain) penelitian korelasional. Berdasarkan hasil  penelitian, disimpulkan  keterampilan membaca pemahaman  memiliki korelasi dengan keterampilan  menulis teks cerita cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung dengan derajat  kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%.  Nilai Thitung (0,475) lebih besar dari pada rtabel (0,349), dengandemikian Ho ditolak dan H, diterima karena hasil pengujian membuktikan  bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel

Author Biographies

  • Yeyen Yusniar, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Triska Purnamalia, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Martha Sari, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

Downloads

Published

2025-05-06

How to Cite

KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG. (2025). DIALEKTOLOGI, 9(2), 134-145. https://ejournal.uniski.ac.id/dialektologi/article/view/78

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1-10 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.