PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KAYUAGUNG

Authors

  • Ima Maryana SMP IT Bina Insani Kayuagung Author

Keywords:

media gambar berseri, keterampilan menulis, fabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Gambar Berseri terhadap kemampuan  menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen 73,89 dan tes akhir 84,95. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 61,16 dan tes akhir 70,52. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (10,445) lebih tinggi dari ttable (1,669) dengan derajat keabsahan 62 (df 62) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa SMP Negeri 1 Kayuagung

Author Biography

  • Ima Maryana, SMP IT Bina Insani Kayuagung

    Guru

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KAYUAGUNG. (2021). JURNAL DIALEKTOLOGI, 6(1), 40-50. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/232

Similar Articles

11-20 of 39

You may also start an advanced similarity search for this article.