PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 KAYUAGUNG
Keywords:
media gambar berseri, keterampilan menulis, fabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Gambar Berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen 73,89 dan tes akhir 84,95. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 61,16 dan tes akhir 70,52. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (10,445) lebih tinggi dari ttable (1,669) dengan derajat keabsahan 62 (df 62) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa SMP Negeri 1 Kayuagung