PENGARUH STRATEGI ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC (RAFT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Keywords:
strategi, pembelajaran, menulis, teks eksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi RAFT terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMA Negeri 4 Kayuagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes menulis teks eksplanasi dan teknik analisis data menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Dari hasil analisis data pada kelompok eksperimen diperoleh nilai tes awal terendah 46 dan nilai tertinggi 72 dengan rata-rata 60,30. Pada tes akhir nilai terendah 73,50 dan nilai tertinggi 92 dengan rata-rata 83,83. Untuk siswa kelompok kontrol pada tes awal terendah 48,50 dan nilai tertinggi 72 dengan rata-rata 59,35. Pada tes akhir nilai terendah 68,50 dan nilai tertinggi 92 dengan rata-rata 79,67. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu thit>ttab atau 2,337 > 1,670 dengan derajat keabsahan (df) 60 tingkat signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan strategi RAFT berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir diterima. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar menjadikan strategi RAFT ini sebagai alternatif dalam menerangkan pembelajaran pada menulis teks, khususnya menulis teks eksplanasi. Guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan strategi RAFT dan memberikan langkah yang inovatif dan kreatif untuk menerapkan pendekatan atau teknik pembelajaran dalam menulis teks eksplanasi