PENGARUH MODEL DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG

Authors

  • Juniarti SMK Negeri 1 Kayuagung Author

Keywords:

model deep dialogue/critical thinking, kemampuan menulis teks negosiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model deep dialogue/critical thinking terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 SMK Negeri 1 Kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil uji rata-rata tes awal kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas eksperimen 65,97 dan tes akhir 78,22. Nilai rata-rata awal kelas kontrol 64,20 dan tes akhir 74,91. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yakni 78,22>74,91. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa thitung (3,197) lebih tinggi dari ttabel (1,667) dengan derajat keabsahan 68 (df 68) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model deep dialogue/critical thinking memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa SMK Negeri 1 Kayuagung

Author Biography

  • Juniarti, SMK Negeri 1 Kayuagung

    Guru

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

PENGARUH MODEL DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KAYUAGUNG. (2021). JURNAL DIALEKTOLOGI, 6(1), 75-87. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/235

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.