PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Authors

  • Devi Nafriyanti SD Negeri 18 Kayuagung Author

Keywords:

metode chain writing, dan kemampuan menulis teks eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode chain writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 (kelas eksperimen) dengan menggunakan metode chain writing dan VIII.3 (kelas kontrol) dengan menggunakan metode saintifik SMP Negeri 6 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja menulis teks eksplanasi dengan menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai Thitung (4,844) lebih tinggi dari Ttabel (1,668) dengan derajat keabsahan 66 pada taraf signifikan probability di bawah 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode chain writing berpegaruh terhadap pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir

Author Biography

  • Devi Nafriyanti, SD Negeri 18 Kayuagung

    Guru

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

PENGARUH METODE CHAIN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. (2021). JURNAL DIALEKTOLOGI, 6(1), 12-26. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/236

Similar Articles

1-10 of 83

You may also start an advanced similarity search for this article.