PENGARUH TEKNIK PREP TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Keywords:
teknik pre reading plan, teks eksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh teknik PreP terhadap kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelas kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA IV sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 30 soal dengan alternatif a, b, c, d, dan e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan memahami teks eksplanasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata kegiatan pretest kemampuan memahami teks eksplanasi siswa kelas eksperimen 65,02 dan kegiatan postest 81,16. Nilai rata-rata kegiatan pretest kelas kontrol 56,64 dan kegiatan postest 70,09. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yakni 81,16>70,09. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukkan bahwa t hitung (5,949) lebih besar dari ttable (1,670) dengan derajat keabsahan 60 (df 60) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan memahami teks eksplanasi siswa yang diajar menggunakan teknik PreP dengan siswa yang diajar menggunakan teknik pembelajaran saintifik