PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII

Authors

  • Yeyen Yusniar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Marisa Rohmah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

model circuit learning, menulis narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model circuit learning terhadap menulis narasi. Metode yang digunakan ialah eksperimen semu. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mesuji. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu VII.3 sebagai kelompok yang diberi perlakuan dan VII.1 yang tidak. Menggunakan tes esay sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data  perhitungan uji-t program komputer SPSS 20. Menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil tes menulis narasi eksperimen dan kontrol. Rerata tes pertama 52,97 dan kelompok kontrol 53,05. Rerata tes akhir kelompok eksperimen 80,86 dan kontrol 70,00

Author Biographies

  • Yeyen Yusniar, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Marisa Rohmah, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Mahasiswa

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS VII. (2019). JURNAL DIALEKTOLOGI, 4(2), 34-41. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/268

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.