PENGARUH STRATEGI PROBABLE PASSAGES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TANJUNG RAJA KABUPATEN OGAN ILIR
Keywords:
kemampuan menulis, menulis cerita fantasi, strategi probable passagesAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Strategi Probable Passages Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tanjung Raja Kabupaten Ogan Ilir tahun 2018/2019 berjumlah 155 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling diperoleh 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan diperiksa menggunakan validitas isi. Tes telah di ujicobakan untuk mencari reliabilitas tes. Kolmogorov smirnov digunakan untuk menilai oleh inter-rater. Hasil tes menggunakan uji-t dengan bantuan spss 22. Berdasarkan hasil uji sampel independen, hasil penelitian ini menunjukan bahwa thitung adalah (5,039) dengan level signifikan p<0,05 dalam test penyesuaian derajat keabsahan 58. Nilai kritis dari ttable (1,671). thitung (5,039) lebih tinggi dari ttable (1,671). Ini berarti H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis cerita fantasi siswa yang diajar menggunakan strategi probable passages dengan siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik