PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BOWL DALAM MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KAYUAGUNG

Authors

  • Yeyen Yusniar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Sri Patuti Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

cerita rakyat, strategi college bowl, unsur intrinsik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi college bowl dalam menemukan unsur instrinsik cerita rakyat yang dituturkan. Metode yang dipakai eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas X SMA. Sampel terdiri dua kelas, yaitu X.2 sebagai kelas eksperimen dan X.4 kelas kontrol. Tes  objektif sebanyak 30 soal dengan alternatif a, b, c, d, dan e sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data uji-t dengan menggunakan SPSS 20. Hasil menunjukkan ada perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rerata tes awal kelas eksperimen 53,28 dan tes akhir 80,41, sedangkan rerata tes awal kelas kontrol 52,34 dan tes akhir 68,78. Hasil analisis menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, yakni 80,41>68,78

Author Biographies

  • Yeyen Yusniar, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Sri Patuti, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Mahasiswa

Downloads

Published

2020-04-18

How to Cite

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BOWL DALAM MENEMUKAN UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 KAYUAGUNG. (2020). JURNAL DIALEKTOLOGI, 5(1), 63-72. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/249

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.