PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STOP MOTION DALAM MENCERITAKAN KEMBALI TEKS LEGENDA SISWA KELAS VII

Authors

  • Novi Santi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Bella Novia Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

media video stop motion, menceritakan kembali, teks legenda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video stop-motion dalam menceritakan kembali teks legenda siswa kelas VII. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.3 (kelas eksperimen) dan kelas VII.4 (kelas kontrol) yang berjumlah 58 orang. Teknik analisis data dengan menggunakan program SPSS 22 yang dianalisis dengan uji t dan Levene Statistics. Nilai sebelumnya pada kelas eksperimen adalah 52,93 dan kelas kontrol sebesar 47,93. Hasil postes kelas eksperimen yaitu 72,24, sedangkan kelas kontrol yaitu 68,28. Hasil hipotesis menunjukkan thitung (4,649) > ttabel (1,673) dengan signifikansi > 0,05 dan tingkat keabsahan 56. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menceritakan kembali teks legenda menggunakan media video stop motion dan media visual (buku cetak)

Author Biographies

  • Novi Santi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Bella Novia, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Mahasiswa

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

PENGGUNAAN MEDIA VIDEO STOP MOTION DALAM MENCERITAKAN KEMBALI TEKS LEGENDA SISWA KELAS VII. (2023). JURNAL DIALEKTOLOGI, 8(2), 135-142. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/90

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

11-20 of 43

You may also start an advanced similarity search for this article.