PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAMPANGAN

Authors

  • Marfu’a SMPS Syabab Al-Fatih Author

Keywords:

model pembelajaran, cooperative script, menulis teks eksplanasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pampangan Ogan Komering Ilir Tahun ajaran 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS.22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan menulis teks eksplanasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata Pretest menulis teks eksplanasi siswa kelas eksperimen 70.44 dan Postest 79,98. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 69,03 dan postest 70,27. Hail analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol, yakni 79,98>76,27. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (2,795) lebih tinggi dari t tabel (1,674) dengan derajat keabsahan 52( df 52) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya , ada perbedaan kemampuan menulis teks eskplanasi siswa yang di ajar meggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan siswa yang diajar menggunakkan pendekatan saintifik

Author Biography

  • Marfu’a, SMPS Syabab Al-Fatih

    Guru

Downloads

Published

2025-02-24