KEEFEKTIFAN MODEL DOLL SPEAK PADA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MEMAHAMI DONGENG TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MESUJI

Authors

  • Novi Santi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Rumusya Fitri Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

dongeng keefektifan model doll speak, keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Doll Speak terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 7 Mesuji. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan angket. Berdasarkan hasil pretes yang didapat sebelum pemberian perlakuan penerapan teknik peta pikiran pada kelompok eksperimen, diketahui skor pretes terendah adalah 50,00 dan tertinggi 75,00 dengan skor rata-rata 50,02. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar yang telah disebutkan sebelumnya 75,00 sebanyak 4 siswa atau 5,26% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar 75,00 sebanyak 34 siswa atau 94,73%. Setelah diuji normalitas dengan menggunakan program komputer SPSS 17, diperoleh  ????2 hitung < ????2 tabel, dengan demikian Ho diterima, data berdistribusi normal. Selanjutnya, hasil postes siswa kelompok eksperimen terendah 65,00 dan tertinggi 100,00 dengan rata-rata skor 78,00. Siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar 75,00 sebanyak 34 orang siswa atau 78,94% , dan siswa yang mendapat skor di bawah rata-rata sebanyak 4 siswa atau 10,52. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi model doll speak lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional pada pembelajaran pemahaman dongeng, terbukti kebenarannya.

Author Biographies

  • Novi Santi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Rumusya Fitri, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Mahasiswa

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

KEEFEKTIFAN MODEL DOLL SPEAK PADA KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MEMAHAMI DONGENG TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 MESUJI . (2019). JURNAL DIALEKTOLOGI, 4(2), 63-72. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/270

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 29

You may also start an advanced similarity search for this article.