PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN APLIKASI KINEMASTER DALAM MENULIS PANTUN
Keywords:
media video pembelajaran aplikasi KineMaster, menulis pantunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran aplikasi KineMaster dalam menulis pantun pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Rantau Panjang. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII. Sampel penelitian berjumlah 66 orang, dengan rincian 33 orang siswa kelas VII.I (kelas eksperimen) menggunakan media video pembelajaran aplikasi KineMaster dan 33 orang siswa kelas VII.2 (kelas kontrol) menggunakan media pembelajaran visual. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes menulis pantun. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tingkat kemampuan siswa dalam menulis pantun, kenaikkan rata-rata nilai siswa kelas eksperimen 19,7 dan kelas kontrol 13,56. Rata-rata nilai awal kelas eksperimen 60,53 dan kelas kontrol 58,86. Selanjutnya rata-rata nilai akhir kelas eksperimen 80,23 dan kelas kontrol 72,42. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, 80,23>72,42. Berdasarkan hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung (4,939)>ttabel (1,669) dengan derajat keabsahan 64 (df 64) dengan signifikasi < 0,05. Ini bearti H0 ditolak, dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan menulis pantun, siswa yang diajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran aplikasi KineMaster dengan siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran visual