PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 3 KAYUAGUNG KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Authors

  • Septiana Yudha SMK Negeri 3 Kayuagung Author

Keywords:

media pembelajaran visual, kemampuan menulis teks eksposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKI I X TKI 3 SMK Negeri 3 kayuagung Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2019. Teknik analisis 
data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22 dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil nilai rata-rata tes awal kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas eksperimen 70,53 dan tes akhir 76,71. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 66,65 dan tes akhir 70,60. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yakni 76,71>70,76. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (3,710) lebih tinggi dari ttable (1,670) dengan derajat keabsahan 62 (df 62) pada 
taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa SMK Negeri 3 Kayuagung

Author Biography

  • Septiana Yudha, SMK Negeri 3 Kayuagung

    Guru

Downloads

Published

2020-11-18

How to Cite

PENGARUH MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 3 KAYUAGUNG KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. (2020). DIALEKTOLOGI, 5(2), 76-87. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/257