PENGARUH STRATEGI 3W2H DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Keywords:
strategi, menulis, teks beritaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi 3W2H dalam kemampuan menulis teks berita. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling, diperoleh kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, yaitu unjuk kerja menulis teks berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pembelajaran kemampuan menulis teks berita antara siswa kelas VIII.1 yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi 3W2H dengan siswa kelas VIII.4 yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor postes kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen dam kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen yaitu 86,2917 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 73,2500. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh thit sebesar 7,662 dan ttab 1,67866 dengan derajat keabsahan 46 (df 46) jadi thit > ttab, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, strategi 3W2H berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kayuagung