PERMASALAHAN SOSIAL DALAM FILM “PERTARUHAN” SUTRADARA SIDHARTA TATA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
masalah sosial, film, sosiologi sastra, pembelajaran bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan sosial yang terdapat dalam film “Pertaruhan” Sutradara Sidharta Tata (Kajian Sosiologi Sastra) dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Masalah sosial tersebut menurut Soekanto terbagi menjadi sembilan, yaitu (1) kemiskinan, (2) kejahatan, (3) disorganisasi keluarga, (4) masalah generasi muda dalam masyarakat modern, (5) pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat, (6) masalah lingkungan hidup, (7) masalah kependudukan, (8) birokrasi, dan (9) peperangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang mengandung unsur masalah sosial dalam film “Pertaruhan” Sutradara Sidharta Tata. Dari kesembilan macam masalah sosial menurut Soekanto, data yang menyatakan adanya masalah sosial berjumlah 20 data. Masalah sosial yang terdapat dalam film “Pertaruhan” Sutradara Sidharta ini, yaitu kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, dan pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat. Film ini dapat dihubungkan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu dapat dijadikan bahan dan media pembelajaran pada tingkat Sekolah Menengah Pertama kelas VIII semester genap kurikulim 2013