KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING STRUKTURES DALAM PEMBELAJARAN WAWANCARA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KAYUAGUNG

Authors

  • Adedi Setiawan MTs AL-Furqon Kandis Author

Keywords:

keefektifan, model cooperative learning struktur, wawancara

Abstract

Tujuan  penelitian untuk mengetahui keefektifan model Cooperative learning structures dalam pembelajaran wawancara siswa kelas X SMK Negeri 2 Kayuagung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji t. Populasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah empat kelas dengan jumlah siswa 126 siswa, sampel diambil secara sampling purposive, yaitu diambil dua kelas yaitu kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen dan  X. 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 64 siswa. Dari pengumpulan data dan analisis diketahui bahwa nilai rata-rata tes awal siswa kelas ekperimen adalah 63,594 dan kelas kontrol 62,906. Pada tes akhir, nilai ratarata siswa kelas eksperimen adalah 80,469, dan kelas kontrol 72,906. Dari hasil uji-t nilai tes akhir kelas eksperimen dan kontrol, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang siqnifikan antara kelas eksperimen dengan model Cooperative Learning Struktures dan kelas kontrol dengan model konvensional. Sebab hasil uji-t diketahui bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel atau 2,282 ˃ 1,999. Artinya, hipotesis Ha diterima dan terbukti

Author Biography

  • Adedi Setiawan, MTs AL-Furqon Kandis

    Guru

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING STRUKTURES DALAM PEMBELAJARAN WAWANCARA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KAYUAGUNG. (2019). JURNAL DIALEKTOLOGI, 4(2), 1-17. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/266

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.