PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PUISI SISWA KELAS VII

Authors

  • Miftahul Jannah SMP IT Al-Mumtaazah Author

Keywords:

model children’s learning in science, puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran  Children’s Learning In Science (CLIS) terhadap kemampuan mengungkapkan  pendapat puisi siswa kelas VII. Metode yang digunakan eksperimen. Populasi berjumlah 250 siswa yaitu siswa kelas VII SMP PGRI Pedamaran. Pengambilan sampel berdasarkan teknik cluster random sampling, diperoleh Kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes unjuk kerja. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pembelajaran mengungkapkan pendapat terhadap puisi antara siswa kelas VII.7 yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model Children’s Learning In Science (CLIS)  dengan siswa kelas VII.6. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji-t pada skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan  SPSS 20. Dari 34 orang siswa di kelas eksperimen  sebanyak 33 siswa mencapai KKM atau 97,06%. Sementara kelas  kontrol dari 34 siswa yang mecapai nilai KKM adalah 19 siswa atau 55,88%. Hasil perhitungan uji-t terdapat perbedaan nilai rata-rata tes akhir pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yaitu 80,38 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol yaitu 71,62

Author Biography

  • Miftahul Jannah, SMP IT Al-Mumtaazah

    Guru

Downloads

Published

2020-04-18

How to Cite

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUNGKAPKAN PENDAPAT PUISI SISWA KELAS VII. (2020). JURNAL DIALEKTOLOGI, 5(1), 51-62. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/248

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.