PENGARUH BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KAYUAGUNG

Authors

  • Iin Parlina Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Ely Gusmia Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

bermain drama, teknik operant conditioning

Abstract

Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik operant conditioning. Metode yang digunakan penelitian eksperimen semu. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kayuagung yang berjumlah 335. Sampel siswa kelas XI  MIPA 1  yang berjumlah 41 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 41. Instrumen yang digunakan  meliputi lembar tes, lembar angket, lembar wawancara. Teknik pengumpulan data berupa  tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa teknik operant conditioning mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kayuagung dalam bermain drama. Hal ini dibuktikan rata-rata skor nilai awal kelompok eksperimen ialah 74.71 dan rata-rata skor nilai akhir kelompok eksperimen adalah 84.00. Jadi terdapat peningkatan 9.29, rerata  nilai awal kelompok kontrol adalah 71.78 dan rerata nilai akhir kelompok kontrol ialah 76.56. Itu berarti nilai awal dan nilai akhir kelompok kontrol terdapat perbedaan sebesar 4.78

Author Biographies

  • Iin Parlina, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Ely Gusmia, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Mahasiswa

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

PENGARUH BERMAIN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK OPERANT CONDITIONING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KAYUAGUNG. (2019). JURNAL DIALEKTOLOGI, 4(2), 18-33. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/267

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 54

You may also start an advanced similarity search for this article.