PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KAYUAGUNG
Keywords:
model Make a Match, menulis, teks persuasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung
Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2024. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII.1 dan
kelas VIII.3. Teknik analisis data ini menggunakan program SPSS 25 dan analisis dengan ujit. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas
eksperimen 72 dan postest 86,60. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 65,73 dan postest 78,73. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa thitung (7,991) lebih besar dari ttabel (1,672) dengan derajat keabsahan (df 58) pada taraf signifikasi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a matchmemiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir