PENGARUH MODEL PREDICT,OBSERVE,EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG

Authors

  • Alia Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author
  • Dwi Salmah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung Author

Keywords:

model poe, kemampuan membaca kritis, teks eksposisi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  POE terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung tahun ajaran 2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data tes yang digunakan adalah tes objektif sebanyak 40 soal dengan alternatif a, b, c, d. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi kelas eksperimen 52,8621 dan tes akhir 71,7241. Nilai rata-rata tes kelas kontrol 33,7931dan akhir 39,810. Hasil analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol,71,7241 banding 39,8103 jadi selisihnya adalah 31,91.Berdasarkan analisis tahap pertama menunjukan bahwathitng (11,145) > ttab (1,672) dengan derajat keabsahan 56 (df 56). Dengan memperhatikan kriteria pengujian, yaitu probability <0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, sedangkan Ha diterima

Author Biographies

  • Alia, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Dosen

  • Dwi Salmah, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

    Mahasiswa

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

PENGARUH MODEL PREDICT,OBSERVE,EXPLAIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG. (2021). JURNAL DIALEKTOLOGI, 6(1), 1-11. https://ejournal.uniski.ac.id/index.php/dialektologi/article/view/229

Similar Articles

1-10 of 52

You may also start an advanced similarity search for this article.